Kamis, 11 November 2010

Bab 2 (Menggunakan Internet untuk Memperoleh Informasi)

A. Mendeskripsikan Pelayanan WWW (World Wide Web) sebagai Sumber Informasi

Pada awalanya internet adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghubungkan para ilmuan dan peneliti di Amerika, namun ini telah tumbuh menjadi media komunikasi global yang dipakai semua orang di muka bumi. Pertumbuhan ini membawa beberapa masalah penting mendasar, diantaranya kenyataan bahwa internet tidak diciptakan pada jaman Gaphical User Interface (GUI) seperti saat ini, Internet dimulai pada masa dimana orang masih menggunakan alat-alat akses yang tidak user-friendly yaitu terminal berbasis teks serta perintah-perintah command line yang panjang-panjang serta sukar diingat, sangat berbeda dengan komputer dewasa ini yang menggunakan klik tombol mouse pada layar grafik berwarna.

Kemudian orang berpikir untuk membuat sesuatu yang lebih baik. Popularitas Internet mulai berkembang pesat seperti jamur di musim penghujan setelah standar baru yaitu HTTP dan HTML diperkenalkan kepada masyarakat. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) membuat pengaksesan informasi melalui protokol TCP/IP menjadi lebih mudah dari sebelumnya. HTML (Hyper Text Markup Language) memungkinkan orang menyajikan informasi yang secara visual lebih menarik. Pemunculan HTTP dan HTML kemudian membuat orang mengenal istilah baru dalam internet yang sekarang menjadi populer, bahkan sedemikian populernya sehingga sering dianggap identik dengan internet itu sendiri, yaitu World Wide Web (WWW).
World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera.

World Wide Web atau WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan Internet. Situs-situs seperti www.yahoo.com atau www.microsoft.com adalah web site yang sudah lama ada dan menyediakan banyak sekali fasilitas sehingga halaman dalam situs ini juga sangat banyak.

Pada prinsipnya World Wide Web bekerja dengan cara menampilkan file-file HTML yang berasal dari server web pada program client khusus, yairu browser web. Program browser pada client mengirimkan permintaan (request) kepada server web, yang kemudian akan dikirimkan oleh server dalam bentuk HTML. File HTML berisi intruksi-intruksi yang diperlukan untuk membentuk tampilan. Perintah-perintah HTML ini kemudian diterjemahkan oleh browser web sehingga isi informasinya dapat ditampilkan secara visual kepada pengguna di layar komputer.

Daftar sumber daya pada Internet
  • E-mail : Digunakan unutk melakukan pertukaran surat elektronik.
  • Newsgroup : Forum diskusi.
  • Mailing List : Kelompok diskusi dengan menggunakan surat elektronik.
  • IRC (Internet Relay Chat) : Fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif.
  • Telnet : Fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan koneksi (login) ke suatu system computer.
  • FTP (File Transfer Protocol) : Sarana untuk melakukan transfer berkas dari computer local ke suatu computer lain atau sebaliknya.
  • Gopher : Perangkat yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher melalui menu yang bersifat hierarkis.
  • Archie : Perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP.
  • Veronica (Very Easy Rodent Oriented Netwide Index to Computer Archives) : Merupakan kemampuan tambahan yang digunakan untuk melakukan pencarian dalam situs-situs gopher.
  • WAIS (Wide Area Information Servers) : Perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada internet yang dilakukan dengan menyebut nama basis data dan kata kunci yang dicari.
  • WWW (World Wide Web) : Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext.
Manfaat Internet
1. Bidang Akademis
Dalam bidang ini bermanfaat untuk mencari macam-macam referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang sangat banyak. Pengguna juga memungkinkan diadakannya kegiatan belajar jarak jauh, karena internet tidak mengenal batas geografis.
2. Bidang ekonomi dan bisnis
Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lintas negara diaman pelakunya tidaj perlu berpergian diaman rekan bisnisnya berada. Hal ini karena adanya e-Commerce.
3. Bidang Keagamaan
Dalam bidang ini, internet digunakan sarana dakwah maupun dikusi keagamaan, mislanya Isnet, Parokinet telah lama beroperasi dan memberikan manfaat yang besar terhadap umat agama masing-masing. Tidak hanya kegiatan tersebut, tetapi ada kegiatan pengumpulan zakat dan infak.
4. Bidang Sosial
Dalam bidang ini, internet memberikan banyak kesempatan bersosialisasi dengan siapa pun dan dimana pun dengan menggunakan e-mail mapun chat room sehingga terjalin komunikasi dengan biaya yang murah dan dalam waktu yang singkat.
5. Bidang Komunikasi
Dalam bidang ini, menghadirkan teknologi VoIP memberikan manfaat yang besar, yaitu pengguna telepon tidak perlu mengeluarkan biaya sambung internasional yang sangat mahal.
6. Bidang Hiburan
Dalam bidang ini, menyediakan banyak hiburan untuk pengguna seperti game, MP3 danmencari lagu-lagu favourite masa sekarang dengan biaya yang murah dan mudah.
Tetapi disamping banyak manfaat yang didapat, internet ini juga memliki efek negatif bagi para pengguna internet ini salah satunya yaitu pembajakn karya intelektual.

B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser untuk Mengakses Website

Terdapat 6 bagian informasi yang ditampilkan pada jendela browser yaitu :
1. Tittle Bar
Judul dari halaman web yang dibuka.
2. Menu Bar
Berisi menu-menu utama browser
3. Toolbar
Tombol standar yang digunakan saat browsing
4. Address Bar
Tempat menuliskan alamat situsyang ingin ditampilkan
5. Workspace
Ruang untuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang dikunjungi
6. Status Bar
Menampilkan status dari web yang sedang dibuka.

C. Mendeskripsikan Pengeretian URL dan Homepage

1. URL
URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di Internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukkan direktori nama file-nya, tetapi juga nama mesin yang digunakan dalam jaringan. URL dapat diakses dengan berbagai metode bisa jadi bukan hanya sekedar file, karena URL dapat menunjukkan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari perintah finger atau archie, atau apapun yang berhubungan dengan data hasil proses.
Aturan penulisan alamat :
  • Protokol : http://
  • Domain : www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id
  • Directory : /06/
  • Nama halaman : index.php
Jika digabung menjadi :
  • http://www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id/06/index.php
Bentuk nama domain secara umum adalah :
  • ilkom.fmipa.ipb.ac.id
Tipe Domain
  1. com atau co : Perusahaan komersial
  2. edu atau ac : Institusi pendidikan
  3. gov atau go : Biro atau badan pemerintah
  4. mil : Militer
  5. net : Penyedia jaringan
  6. org atau or : Organisasi
2. Homepage
Hompage adalah istilah untuk menyebut nama halaman pertama yang akan dilihat jika sebuat situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web. Suatu homepage dapat memuat informasi mengenai apapun yang dapat dibayangkan .
D. Mendeskripsikan Hypertext dan HTML

1. Hypertext
Istilah hypertext pertama kali dikemukakan oleh Ted Nelson pada tahun 1960-an (Carter, 1997; Jonassen, 1991 dalam Altun, 2000) sebagai suatu bentuk teks elektornik. Ia menjelaskan, hypertext adalah teks-teks tertulis non- sekuensial yang memiliki percabangan dan menyediakan pembaca berbagai pilihan, sebagai bacaan yang menarik pada layar interaktif. Dalam hypertext ini berbagai potongan (chunk) teks dihubungkan secara seri oleh links sehingga pembaca dapat menyusuri berbagai lintasan yang diinginkannya. Potongan- potongan teks ini disebut dengan nodes (simpul) (Miall, 1997). Berbeda dengan buku teks, hypertext dapat disajikan dengan menggabungkannya dengan berbagai media lain seperti vidio- klip, animasi, suara, gambar dan grafik. Karena sifatnya inilah kadang kala hypertext juga disebut hipermedia atau multimedia, walau- pun beberapa ahli mem- bedakannya. Secara umum dapat disimpulkan bahwa karakteristik dari hypertext adalah bersifat non-sekuensial (non- linier), ditampilkan dalam media elektronik, bisa digabungkan dengan berbagai media (multi- media), dan interaktif terhadap pembaca.
Pertanyaannya sekarang adalah apakah semua sistem hypertext dapat memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran? Spiro (1994) menjelaskan bahwa sistem hypertext bisa dibuat dengan berbagai cara, namun cukup alasan untuk meyakini bahwa sebahagain besar caar-cara tersebut tidak akan membuahkan hasil belajar yang baik. Ini disebabakan hypertext tersebut dapat saja membuat mahasiswa menjadi bingung. Mahasiswa akan tersesat dan “hilang” dalam link yang cabang- nya begitu banyak. Disamping itu karena tidak ada yang akan menghalangi pembaca dalam menautkan dua simpul informasi dan melanjutkannya dengan simpul-simpul lain, maka ada kemungkinan navi- gasi akan berakhir dengan sekumpulan informasi yang inkoheren (Briggs, 1992). Ini teru- tama terjadi pada hiper- teks besar, yang masih diperumit oleh hubungan nya dengan hipermedia lain. Misalnya, navigasi bisa berawal dengan dilatasi-waktu kemudian ke entropi dan/atau diteruskan ke Time- Tunnel. Mahasiswa menda- patkan banyak informasi, namun bukan pengeta- huan karena struktur dalam informasi terabaikan akibat navigasi yang kurang terarah.Oleh karena itu yang dibutuh- kan adalah sitem hypertext yang mudah ter jangkau (accessible).
Menyajikan materi-subjek dalam berbagai links dan pilihan memberikan fleksibilitas kepada pembaca untuk menyusun ulang materi sesuai dengan yang diinginkannya. Pada hypertext mahasiswa bukan hanya sebagai pembaca akan tetapi sekaligus kreator bahan bacaannya. Pembacalah yang akan menentukan urutan dari teks, yang berarti sekaligus menentukan konteks dari bacaannya. Memang benar bahwa materi-subjek yang akan dihadapi mahasiswa sudah tersedia dalam sistem yang ada akan tetapi karena ia begitu luas dan banyak pilihan, maka terbuka peluang-peluang kombinasi dalam menentukan urutan teks. Jika pada kuku teks, mahasiswa tinggal membaca teks yang sudah disusun oleh pengarang, namun pada hypertext mahasiswa sekaligus “pengarang” terhadap teks bacaannya. Sesungguhnya, ditinjau dari bagaimana mahasiswa belajar (walaupun sistem hypertext harus dibuat agar tidak membingungkan pembaca), mahasiswalah yang bertanggung jawab terhadap teks bacaannya.
Analoginya adalah, teks-teks pada hypertext adalah bata bahan dasar bangunan, sistem hypertext adalah semennya, dan urutan sekuensial yang dibuat siswa adalah bangunnya. Orang yang bertanggung jawab terhadap bangunan adalah yang membuatnya, dalam hal ini adalah mahasiswa. Pabrik bata dan semen hanya bertanggung jawab terhadap barang-barang yang diproduksinya, bukan bangunan yang terbentuk.
Apa sebenarnya arti itu semua? Hypertext bisa digunakan sebagai salah satu sarana yang memberi kesempatan kepada pembelajar untuk “membangun” pengetahuannya sendiri. Selama berintraksi dengan hypertext pembelajar terus berlatih menghubung-hubungkan konsep yang relevan.Mahasiswa dilatih mempergunakan kognisinya untuk mengorganisasikan informasi-informasi menurut kebutuhannya sebelum digunakan atau diterapkan pada tugas yang dihadapi menurut konteksnya. Hal seperti ini hampir tidak bisa ditemukan pada teks sekuensial seperti pada buku-buku teks.Disamping itu karena dalam hipertkes pembaca senadiri yang menentukan penavigasian terhadap konten sesuai dengan pemahamannya, maka sebenarnya dalam melaksanakan tugasnya pembaca sekaligus menjadi “penyususn” dokumen yang akan dibaca saat membacanya.
Menurut Spiro (1994), kondisi seperti ini dapat mengembangkan intelegensi pembaca melebihi ketika berhadapan dengan teks-sekuensial biasa. Lebih jauh, dari segi pengajaran, lingkungan belajar hypertext dapat dikelola untuk menye- diakan pengajaran yang mampu mengembangkan cognitive flexibility. Hypertext menyediakan ruang fleksibilitas kepada pembaca ketim- bang buku-buku teks (Foltz, 1996). Altun (2000) mengemukakan pada saat membaca teks pada layar sambil menyusuri link yang ada, pembaca melakukan ak- tifitas kognisi yang kom- pleks dengan melibatkan berbagai stategi yang mungkin. Jika proses seperti ini secara terus menerus dilakukan tentu saja dapat meningkatkan dan memapankan kemampuan cognitive fleksibility pembelajar yang merupakan kondisi yang dituntut untuk penguasaan pengetahaun lanjut (Siregar, 2002). Mahasiswa akan mengem- bangkan pola-pola terte- ntu dalam pikirannya yang bisa menuntunnya dalam mengambil kepu- tusan dalam kerumitan persoalan yang dihadapi.
Instruksi dengan hypertext juga membiasakan mahasiswa melihat keluesan mater-subjek. Dengan menghubungkan materi kepada berbagai media dan menampilkannya dalam berbagai bentuk representasi akan memperkaya persepsi mahasiswa terhadap materi tersebut. Pernyataan seperti ini tidaklah sulit diterima karena semakin sering brinteraksi dengan suatu objek dalam berbagai situasi yang berbeda maka akan semakin lengkap atribut skema kita tentang objek tersebut, sehingga akan semakin mampu kita melihat ke-fleksibel-an dari objek atau materi-subjek tersebut. Hal seperti ini perlu untuk tujuan pembelajaran lanjut dimana mahasiswa dituntut sercara luas menerpakan pengetahuannya pada situasi yang berbeda. Spiro (1994) mengemukakan bahwa pengetahuan yang akan dipergunakan dalam berbagai kasus harus diorganisasikan, diajarkan dan direpresentasikan dalam bebagai bentuk. Lebih jauh ia mengatakan, penyebab utama kegagalan pembelajaran lanjut adalah adanya oversimplifikasi, dan salah satu bentuk oversimplifiksi yang menonjol adalah melihat suatu konsep atau fenomena ataupun kasus dari satu sudut pandang saja. Ini jelas akan memiskinkan pemahaman terhadap konsep dan menyebabkan konsep tersebut hanya terterapkan pada situasi yang terbatas.

2. HTML
Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain. Halaman web dapat berisikan bebagai jenis seperti text, grapis, form, audio dan video serta game interaktif. Setiap website berbeda, tetapi kebanyakan dari mereka mempunyai satu hal yang umum : Hypertext Markup language(HTML).
HTML dikembangkan akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an untuk mengambarkan halaman web. HTML sekarang terdiri dari beberapa deskripsi standar (spesifikasi) dari World Widw World Consortium(W3C). Spesifikasi HTML terakhir di selesaikan tahun 1999. Dokumen resmi yang menjelaskan HTML dan XHTML terdapat di website W3C di http://www.w3c.org.Bahasa Markup biasanya terdiri dari beberapa versi untuk mengidentifikasi mereka. Versi yang masih berlaku adalah 4.01 ,terdaftar sejak Desember 1997, dapat dilihat di http://www.w3c.org/TR/html14.
Instruksi dalam HTML memperbolehkan text untuk menunjuk(point) ke sesuatu.bebrapa pointer disebut hyperlinks.Hyperlinks adalah perekat yang menjaga dunia web menjadi satu. Dalam web browser anda, hyperlinks biasanya muncul warna biru dan digaris bawah.ketika anda klik, itu mengarah ketujuan yang dimaksud. Hypertext atau bukan ,sebuah halaman web adalah file text. Anda dapat membuat dan mengedit sebuah halaman web dalam berbagai applikasi yang dibuat untuk text.Ketika anda memulai dengan HTML, sebuah text editor adalah alat yang bagus untuk digunakan.
Kebanyakan dari web yang mempunyai nilai berasal dari kemampuan untuk menunjuk halaman atau sumber lain (seperti image, file download, presentasi yang berupa media) dalam halaman web yang sama atau web lain.Contohnya,FirstGov (www.firstgov.gov) adalah website gateway yang berfungsi menjual akses untuk halaman web lainnya.

E. Mengenal Beberapa Situs yang Menyediakan Fasilitas Search Engine
Search engine adalah situs khusus di Internet yang dirancang untuk membantu para pengguna internet untuk menemukan informasi yang tersimpan dihalaman situs lain. Dari sekian banyak mesin pencari (search engine), yang paling popular diantaranya, yaitu.

1. Google(www.google.com)

Google merupakan mesin pencari yang cukup terkenal untuk saat ini dan memberika hasil yang relevan dan sangat cepat. Tidak hanya kecangihan Google, tapi juga layanan komunikasi dengan penggunanya yang lain yang menggunakan bahasa Indonesia, bahkan bahasa Jawa.

2. Alta Vista http://www.altavista.com/

Alta Vista merupakan salah satu search engines yang sangat cepat dan memiliki cakupan luas serta mampu melakukan pencarian dokumen full-text di WEB dan artikel-artikel Usenet. Pencarian artikel atau dokumen dapat dilakukan dengan kata kunci, frase kunci atau berupa pertanyaan dibantu dengan operator “boolean” (AND,OR, AND NOT, NEAR).
Kelebihan lain dari altavista yang tidak dimiliki oleh search engine lain, adalah adanya fasilitas “spelling checker” yang secara otomatis dapat menginformasikan keyword pencarian yang salah dan membetulkannya tanpa melakukan pencarian ulang. Fasilitas “translate” dari beberapa bahasa ke bahasa yang lain, baik dokumen dari hasil penelusuran maupun dokumen pribadi,menjadikan altavista search engine yang inovatif, dan favorit.

3. Deja News http://www.dejanews.com/

Deja News memiliki kekhususan sebagai search engine untuk mencari berita-berita diskusi dengan fasilitas “deja discussion”, rating product dengan fasilitas “deja rating” dan fasilitas “deja communities” dengan data dari usenet, newsgroup maupun posting yang dikirim melalui web.
Search engine ini sangat membantu bagi yang membutuhkan mencari informasi yang sangat spesifik . Keunggulan lain adalah kemampuannya memberikan informasi yang cukup detil tentang “news reading” dan posting-posting yang dikirim lewat WEB.


4. Excite http://www.excite.com/

Keistimewaan Excite adalah pilihan menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya yang disebut “Today on Excite” walaupun tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula karena fasilitas pencariannya yang mudah dan sederhana. Selain itu, excite juga dilengkapi dengan fasilitas “chatting”, “business news”, “sport news” dan lain-lain.

5. Hotbot http://www.hotbot.com/

Dikenal sebagai salah satu sarana pencarian paling cepat dengan dukungan data puluhan juta websites yang dapat diakses melalui kata kunci atau frase kunci dengan operator boolean untuk mendapatkan data yang spesifik.
Di “advanced search”, HotBot menyediakan fasilitas pencarian dokumen yang lebih spesifik lagi dengan batasan waktu, lokasi, domain, bahasa, “word filter”, dan media ( gambar, teks, suara dll.) dengan klik saja atau menuliskannya pada “search boxes”. Keistimewaan yang lain, hotbot merupakan search engine yang dikategorikan “excellent” untuk berita-berita terbaru dengan menu “news headline”nya. Menu yang lain yang terdapat di hotbot adalah “discussion group”, white pages, yellow pages, dan lain-lain.

6. Magellan http://magellan.excite.com/

Selain menyediakan sarana pencarian melalui WEB,Magellan juga mempunyai aturan untuk tidak memuat semua data yang bersifat “Adult content”. Semua hasil pencarian dapat di browse menurut topik dan sub-topik dan bila menghendaki review untuk site-site yang dicari dapat dipilih menu “green light site” yang juga dengan memberikan ranking data.

7. Northern Light http://www.northernlight.com/

Northern Light merupakan salah satu search engines yang mampu menjelajah dunia WEB dengan detil dengan jumlah 150 juta websites. Keistimewaan lain adalah adanya alternatif informasi melalui “special collection” yang menyediakan 8 juta artikel dari 5.400 journal, buku, majalah dan database yang dapat diperoleh dengan harga rata $1 – $4 / artikel. Karena itu site ini sangat membantu untuk pencarian informasi khususnya bagi kalangan akademis dengan harga yang relatif murah

8. Yahoo http://www.yahoo.com

Yahoo pantas mendapat sebutan sebagai sarana pencarian paling populer saat ini karena selain cukup cepat aksesnya juga didukung oleh data yang sangat besar. Subject yang ditampilkan pada tampilan mukanya secara alphabetis sangat membantu khususnya bagi pemula , dengan pilihan-pilihan kategori yang sangat lengkap dan detil. Selain penggunaan search engines, Yahoo juga menawarkan menu “current news”, “stock quotes”, “sport score”, “yellow pages” dan “citymaps” . Karena begitu beragamnya informasi yang dapat diperoleh melalui Yahoo, sehingga site ini banyak dimanfaatkan pengguna jasa internet mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

9. Infoseek http://www.infoseek.com

Infoseek dikategorikan sebagai salah satu search engine yang dikategorikan baik untuk mengetahui berita – berita terbaru dari “Businesswire”, Reuters, CNN, USA Today dan The New York Times. Selain itu, infoseek juga memiliki kelebihan direktori yang disusun dengan sistem index yang baik dengan topik-topik yang cukup besar, dibandingkan dengan Yahoo dan HotBot. Infoseek juga memberikan ranking data hasil pencarian sesuai dengan tingkat kebenarannya.

10. Lycos http://www.lycos.com
Lycos merupakan “general search engine” yang bagus dengan fasilitas pencarian yang mudah dan sederhana serta dilengkapi pula dengan direktori. Kelebihan dari search engine ini adalah adanya fasilitas “search guard” yang dapat memproteksi data-data pornografi sehingga search engine ini aman bagi anak-anak.

F. Menggunakan Search Engine dalam Mengakses Informasi dari Internet
Search engine adalah perangkat lunak atau software search engine itu sendiri. Program inilah yang memilah jutaan data dalam atalog yang berisi salinan halaman-halaman situs web dan mencocokkannya dengan permintaan pengguna internet dan kemudian menampilkan data ke layar monitor dan menyusun dalam daftar sesuai dengan peringkatnya. Langkah-langkah untuk menggunakan search engine Google.
  • Buka browser Internet Explorer.
  • Pada kotak Addrees ketik www.google.co.id, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard sampai muncul layar seperti gmbar dibawah
  • Pada kotak search ketik kata kunci yang ingin dicari,
  • Pilih link untuk informasi yang diperlukan dengan mengklik teks link tersebut. Selanjutnya, informasi yang dipilih akan ditampilkan .
G. Mengelola Informasi yang Diperoleh
1. Menyimpan informasi
Jika kamu tertarik untuk mengambil informasi pada halaman web yang kamu buka, kamu dapat menyimpannya ke dalam disket, harddisk, atau flashdisk, sehingga kamu dapat membukanya di lain waktu tanpa harus terhubung dengan internet(online). Hal ini dapat menghemat biaya yang harus kamu eluarkan untuk mendapatkan informasi. Format penyimpanan dapat menggunakan format html, mengkopi kemudian dipindahkan ke dokumen Microsoft Eord atau langsung dicetak. Cara untuk menyimpan halaman web :
  • Aktifkan web browser pada haaman yang kamu sukai. Misalnya bika halaman situs Ilmu Komputer. Ketik www.ilmukomputer.com kemudian akan muncul tampilan awal situs tersebut.
  • Setelah tampilan muncul secara utuh . klik File pada pull-down menu, pilih Save As.
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog Sanve Web Page, tentukan dimana file tersebut akan disimpan dan juga nama file-nya.
  • Pilih tombol save untuk melakukan penyimpanan. Dengan demikian, proses pengambilan dan penyimpanan halaman web selesai.
Terdapat juga berbagai jenis penyimpana yang disediakan, yaitu sebagai berikut :

1) Web Page Complete (*.html, *.html)
Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap. Jika terdapat gambar atau animasi pada halaman tersebut maka senuanya akan disimpan. Halaman tersebut akan disimpan dalam beberapa dokumen, sesuai dengan file-file yang terdapat pada halaman tersebut. Misalnya, file html, gambar, dan file lainnya. Khusus untuk file pendukung, seperti file animasi dan gambar-gambar akan dipisahke dalam satu direktori sendiri.

2). Web Archive, Single File(*.mht)
Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman secara lengkap dalam satu kesatuan file dengan extension *.mht. File html, gambar, dan animasi disimpan dalam satu file tersebut.

3). Web Page, HTML Only (*.htm,*.html)
Fasilitas ini digunakan hanya untuk menyimpaan file html. Sedangkan, file pendukung, seperti gambar-gambar beserta animasi dan lain-lainnya tidak ikut disimpan.

2. Mencetak Informasi

Apabila ingin mencetak halaman tersebut, lakukan langkah-langkah dibawah ini :

  1. Klik menu File
  2. Klik Print, maka akan tampak kotak doalig Print
  3. Selanjutnya pilih jenis printer yang terpasang, kemudian klik tombol Print
H. Melakukan Download File dan Menentukan Lokasi Penyimpanan

Download adalah suatu pengambilan file dari komputer lain melalui internet ke komputermu. File tersebut memiliki bermacam-macam bentuk, seperti dokumen dari Microsoft Word yang berekstensi .doc, dokumen gambar dengan ekstensi .jpg dan .bmp, serta dokumen Acrobat Reader yang berekstensi .pdf.
Untuk melakukan download, dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka browser kamu, lalu buka halan web www.ilmukomputer.com, kemudian plih salah satu topic.
  2. Selanjutnya pilih Download Makalah Lengkap dalam bentuk PDF,
  3. Secara otomatis akan muncul jendela konfirmasi untuk melakukan download terhadap file tersebut
  4. Klik tobol Save untuk mulai men-download file instalasi tersebut. Ketika muncul jendela Save As
  5. Ketika muncul jendela progress download, tunggu beberapa saat sampai proses download selesai
I. Mengidentifikasikan Elemen-elemen dalam Dokumen HTML

HTML, yang adalah singkatan dari HyperText Markup Language. Hal ini memungkinkan gambar dan objek yang akan tertanam dan dapat digunakan untuk membuat bentuk-bentuk interaktif. Hal ini ditulis dalam bentuk elemen HTML terdiri dari "tag" dikelilingi oleh sudut kurung di dalam konten halaman web. Hal ini dapat memasukkan atau dapat memuat skrip dalam bahasa seperti JavaScript yang mempengaruhi perilaku dari HTML prosesor seperti Web browser dan Cascading Style Sheets (CSS) untuk menentukan tampilan dan tata letak teks dan materi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar