1. Penggunaan Internet untuk Komunikasi (E-mail)
Salah satu alasan disebarluaskan penggunaan Internet sebagai jaringan komputer internasional adalah karena fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan Internet. Jadi, apa pun jenis komputer kamu, apa pun cara yang kamu gunakan untuk mengakses Internet, dan apa pun jenis program e-mail yang kamu gunakan, kamu akan tetap dapat mengirim dan menerima surat melalui Internet.
Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu sebagai berikut.
a. E-mail yang berbasis web : seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web e-mail. Setiap menggunakan e-mail pengguna harus terhubung dengan internet
a. E-mail yang berbasis web : seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web e-mail. Setiap menggunakan e-mail pengguna harus terhubung dengan internet
b. E-mail berbasis client : untuk menggunakan e-mail ini dibutuhkan perangkat lunak seperti Eudora atau Microsoft Outlook dan tanpa harus terhubung dengan internet
2. Fungsi E-mail sebagai Alat Komunikasi
E-mail berasal dari kata electronic mail, e-mail atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. E-mail merupakan alat komunikasi yang mudah, murah, dan cepat.
Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Melalui penyedia e-mail gratis
2. Undangan dari teman
3. Dari Internet Service Provider (ISP)
4. Dari perusahaan
5. Memesan sendiri
1. Melalui penyedia e-mail gratis
2. Undangan dari teman
3. Dari Internet Service Provider (ISP)
4. Dari perusahaan
5. Memesan sendiri
B. Mendeskripsikan Persamaan dan Perbedaan Mailbox di Kantor Pos(Fisik) yang Memiliki Identitas dan Kunci dengan Mailbox E-mail (Logik) yang Memiliki User ID dan Password
Surat merupakan salah satu alat komunikasi yang sudah lama kita kenal. Mengirim surat dengan menggunakan metode konvensional, selain memerlukan kertas dan perangko, proses pengiriman juga memerlukan waktu yang relatif lama, yaitu mulai dari kamu menulis surat, mengirim surat yang telah kamu tulis ke kantor pos yang terdekat dari rumahmu dengan menyertakan alamat yang dituju dan akhirtnya sampai ke alamat tujuan. Sedangkan e-mail sangat mudah digunakan. Pengguna cukup mengetikkan teks melalui keyboard untuk menggunakan e-mail dan dalam hitungan detik setelah dikirimkan, surat tersebut akan sampai ke alamat tujuan meskipun jarak antara pengirim dan penerima mencapai ribuan kilometer.
Banyak penyedia layanan e-mail antara lain ;
- Yahoo! Yang beralamat di mail.yahoo.com
- Gmail yang beralamat di mail.gmail.com
- Hotmail layanan dari microsoft yang beralamat di www.hotmail.com
- Plasa, dari telkom yang beralamt di www.plasa.com
Nama login atau alamat e-mail pada umumnya terdiri dari dua bagian utama yaitu nama mailbox dan nama komputer dimana mailbox itu berada
Format penulisan nama e-mail sebagai berikut
namamailbox@namamailserver
contoh : hasrulabdu@yahoo.com
1. Melakukan Pendaftaran di Yahoo! Mail
1. Klik tombol start.
2. Klik browser website, misalnya Microsoft Internet Explorer.
3. Buka situs Yahoo Mail di http://mail.yahoo.com, dengan cara mengetikkan alamat tersebut di kotak address.
4. Setelah muncul website Yahoo Mail, klik Sign Up, kemudian akan tampil layar registrasi. Isikan form pendaftaran tersebut dengan datamu.
5. Selanjutnya, isikan Enter the code shown pada bagian Verify Your Registration, yaitu pengisian kode yang terlihat pada bagian tersebut.
6. Jika kamu telah selesai mengisikan data di atas maka langkah terakhir adalah baca ketentuan layanan yang disediakan oleh Yahoo Mail. Pada bagian Term of Service, jika kamu setuju dengan ketentuan tersebut, klik tombol I Agree.
7. Jika terdapat kesalahan pada saat pengisian data, Yahoo akan memberitahukan kesalahan tersebut.
8. Jika aplikasi kamu diterima oleh Yahoo! Mail. Sebaiknya kamu mencatat Yahoo ID dan e-mail yang ditampilkan Yahoo!, kemudian klik Continue to Yahoo! Mail.
9. Setelah mengklik Continue to Yahoo! Mail, kamu akan masuk ke Yahoo! Mail atau e-mail account yang kamu miliki. Kamu akan mendapat satu pesan pada kotak pesan (inbox) yang berisi ucapan selamat bergabung dari Yahoo!
10. Proses kamu untuk menjadi anggota Yahoo! Mail telah selesai. Sekarang, kamu sudah mempunyai e-mail di Yahoo!. Untuk keluar dari e-mail Yahoo!, klik tulisan Sign out untuk kembali ke website Yahoo!.
2. Menggunakan Yahoo! Mail
Setelah kamu memperoleh e-mail, kamu dapat menggunakan untuk mengirim surat atau kartu ke teman-temanmu. Untuk menggunakan e-mail tersebut, ikuti langkah-langkah berikut.
1. Klik tombol start, lalu pilih browser, misalnya Internet Explorer.2. Buka situs Yahoo! Mail. Isi Yahoo ID dan password yang kamu miliki pada bagian Sign In.
3. Jika kamu ingin mengetahui apakah terdapat pesan atau tidak, kamu cukup melihat dan mengklik tulisan Inbox.
4. Klik salah satu subjek e-mail yang akan kamu baca.
1. Mengirim E-mail
Cara untuk mengirim pesan adalah sebagai berikut ;
a. Langakh 1 sampai 2 sama dengan cara menggunakan e-mail seperti yang dijelaskan sebelumnya
b. Klik ikon Compose-pada kotak To ketikkan alamat e-mail penerima dan pada kotak Subject ketikkan judul dari e-mail yang akan dikirim. Pada kotak Cc (Corbon copy) isi alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mailc. Pada kotak Bcc (Blind carbon copy) isi alamat tujuan lain yang mendapat tembusan tetapi alamat ini tidak ditampilkan di sisi penerima sehingga penerima e-mail ini tidak mengetahui siapa saja yang menerima e-mail ini
d. Isi e-mail yang akan dikirim pada kotak editor lalu klik Send
e. Akan muncul halaman konfirmasi-klik back to inbox
Ketika melakukan pengiriman e-mail kamu juga dapat mengirimkan lampiran lain berupa file melalui e-mail dengan menggunakan attachment,langkah-langkahnya sebagai berikut ;
a. Setelah menuliskan pesan di kotak teks,klik tombol attach files
b. Pilih file yang akan kamu sertakan dengan mengklik tombol Browse-akan ditampilkan kotak proses pengambilan file
c. Setelah berhasil klik tombol Continue to Message-klik Send
b. Subjek dari balasan e-mail tersebut mendapat tambahan Re:Subjek Lama. Tuliskan balasan surat pada kotak editor.
c. Klik tombol attach files jika ingin menyertakan file-klik tombol send
Forward adalah fasilitas untuk meneruskan e-mail yang kamu terima ke alamat e-mail lain selain alamat si pengirim. Langkah-langkahnya sebagai berikut ;
a. Buka surat di inbox-klik tombol forward
b. Tuliskan alamat e-mail tujuan pada kotak To-klik sendc. Klik Back To Message untuk kembalu ke kotak surat
E-mail yang kamu miliki dapat dikelola sendiri berarti meghapus e-mail, mengosongkan folder, atau memindahkan e-mail ke folder khusus. Langkah menghapus e-mail:
1. buka inbox
2. pilih email yamg akan dihapus
3. klik pada bagian sebelh kiri Sender sampai muncul tanda check list
4. klik tombol Delete maka file yang dipilih akan terhapus.
1. buka inbox
2. pilih email yamg akan dihapus
3. klik pada bagian sebelh kiri Sender sampai muncul tanda check list
4. klik tombol Delete maka file yang dipilih akan terhapus.
Jika terdapat emain yang masuk ke folder bulk sebaiknya dihapus karena biasanya itu e-mail sampah caranya buka pada bagian folders pilih Bulk lalu hapus.
G. Melakukan Download pada Attachment dan Memindahkan pada Media Lain
Jika kita mendapat file attachment kit adapt menyimpan file tersebut ke media penyimpanan lainnya, hal ini berfungsi untuk tidak terjadi kepenuhan mailbox. Jika sebuah file attachment memiliki tanda attach file. Langkah untuk membuka atau menyimpan file attachment adalah:
1. buka e-mail yang mengandung attachment
2. akan terbuka file
3. klik nama file attachment tersebut pada kotak subjek e-mail untuk mendownload file lampiran
4. klik scan and download attachment, lalu tampil kotak pengecekan terhadap virus
5. klik download attachment jika sudah benar-benar bersih dari virus
6. selanjutnya muncul kotak dialog untuk download file
1. buka e-mail yang mengandung attachment
2. akan terbuka file
3. klik nama file attachment tersebut pada kotak subjek e-mail untuk mendownload file lampiran
4. klik scan and download attachment, lalu tampil kotak pengecekan terhadap virus
5. klik download attachment jika sudah benar-benar bersih dari virus
6. selanjutnya muncul kotak dialog untuk download file
- a. open: jika hanya ingin membuka file attachment tersebut
- b. save: jika ingin menyimpan (mendownload) file attachment
- c. cancel: ingin membatalkan dan menutup kotak dialog file download
- d. more info: jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut proses download
8. temukan direktori atau folder penyimpanan data pada kotak save-in
9. ketikkan nama file pada kotak file name jika ingin mengubah nama file attachment
10. klik tombol save maka tampil kotak dialog proses download file. Jika download sudah complete maka tampil kotak dialog kotak download complete
11. klik tombol open untuk membuka file hasil download atau close untuk menutup file jika proses download telah selesai.
Etika dalam berkomunikasi melalui e-mail dikenal dengan istilah netiquette atau internet etiquette, berikut beberapa aturannya ;
a. Hindari penggunaan huruf kapital terhadap seluruh isi pesan karena penggunaan Caps Lock dapat diartikan sebagai teriakan
b. Hormati privacy orang lain, apabila kamu sedang mengirim e-mail ke sejumlah orsng yang mungkin tidak saling kenal gunakan Bcc agar alamat mereka tidak saling diketahui
c. Jangan terus menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalas. Tidak semua orang suka dengan bahan yang kita forwardkan
d. Jangan teruskan surat berantai
e. Jangan melakukan spam
f. Perhatikan suusnan e-mail ‘forwards’,luangkan sedikit waktu untuk menghapus tanda <<>
g. Jangan biarkan bagian subek kosong
h. Gantilah subject apabila topik pembicaraan kamu berubah
i. Hapuslah pesan Reply yang tidak perlu
j. Jangan mudah tersinggung,reaksi berlebihan atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan baik
k. Bersabarlah dalam menunggu balasan
l. Jangan mengirim e-mail dengan attachment yang terlalu besar kecuali jika diminta
m. Hindari kesalahan ejaan ataupun bahasa
n. Hindari penggunaan kata-kata ‘pedas’ karena membuat orang tidak enak hati
o. Baca frequently Asked Question (FAQ) jika kamu bergabung dalam sebuah kelompok diskusi
b. Hormati privacy orang lain, apabila kamu sedang mengirim e-mail ke sejumlah orsng yang mungkin tidak saling kenal gunakan Bcc agar alamat mereka tidak saling diketahui
c. Jangan terus menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalas. Tidak semua orang suka dengan bahan yang kita forwardkan
d. Jangan teruskan surat berantai
e. Jangan melakukan spam
f. Perhatikan suusnan e-mail ‘forwards’,luangkan sedikit waktu untuk menghapus tanda <<>
g. Jangan biarkan bagian subek kosong
h. Gantilah subject apabila topik pembicaraan kamu berubah
i. Hapuslah pesan Reply yang tidak perlu
j. Jangan mudah tersinggung,reaksi berlebihan atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan baik
k. Bersabarlah dalam menunggu balasan
l. Jangan mengirim e-mail dengan attachment yang terlalu besar kecuali jika diminta
m. Hindari kesalahan ejaan ataupun bahasa
n. Hindari penggunaan kata-kata ‘pedas’ karena membuat orang tidak enak hati
o. Baca frequently Asked Question (FAQ) jika kamu bergabung dalam sebuah kelompok diskusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar